Menu

Perbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik, Jonan Minta Pemerintah Daerah Ikut Fasilitasi

Perbanyak Stasiun Pengisian Kendara…

Perbanyak Stasiun Pengisi...

Ditjen Migas Selenggarakan Indonesia’s Oil and Gas Partnership Program 2017

Ditjen Migas Selenggarakan Indonesi…

Jakarta, Dalam rangka mem...

Yang Muda, Yang Cerita

Yang Muda, Yang Cerita

Kementerian Energi dan Su...

Groundbreaking PLTU Jawa 4, Menteri ESDM Amanatkan Penggunaan Tenaga Kerja Setempat

Groundbreaking PLTU Jawa 4, Menteri…

Menteri Energi dan Sumber...

Lantik Anggota DEN dan Pejabat Kementerian ESDM, Jonan: Buat Kebijakan yang Masuk Akal dan Dapat Dilaksanakan

Lantik Anggota DEN dan Pejabat Keme…

Menteri Energi dan Sumber...

Prev Next

Inovasi Pelayanan Publik

 

 RINGKASAN INOVASI

Jawa Timur mempunyai potensi sumber daya mineral, jumlah komoditas bahan tambang (mineral) sampai saat ini ada 4 (empat) golongan, yaitu mineral logam, mineral non logam, mineral batuan dan batubara. Dari keempat golongan tersebut terbagi lagi menjadi berbagai macam dan jenis bahan tambang.

Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya mineral tersebut melalui kegiatan usaha pertambangan, yaitu mulai dari penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, eksploitasi, pengolahan pemurnian, dan pengangkutan penjualan mineral membutuhkan data kualitas dan penggolongan komoditas mineral tambang sebagaimana Pasal 2 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Berdasarkan Peraturan Menpan RB RI Nomor 10 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Manajemen Perubahan, terdapat 8 (delapan) area perubahan yang menjadi tujuan reformasi birokrasi, yaitu meliputi seluruh aspek manejemen pemerintah yang salah satunya pelayanan publik.  Pada saat ini pelayanan publik menjadi salah satu indikator dalam reformasi birokrasi  dengan hasil yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik secara prima baik kepada pemerintah, industri maupun masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka UPT Pengujian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas  Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan melakukan inovasi pelayanan publik yaitu UMISARI (Uji Mineral Satu Hari).

UMISARI merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan untuk mempercepat proses pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada masyarakat terkait dengan uji mineral (logam, non logam, dan batuan) dengan menggunakan teknologi X- Ray Fluoroscence (X-RF).  

Sistem kerja alat XRF dapat dilakukan di laboratorium maupun di luar laboratorium (lapangan), yaitu dengan menggunakan sinar-x yang ditembakkan kedalam inti atom dari material/mineral, sehingga terdefraksi menjadi sejumlah gelombang cahaya yang akan diterima oleh detektor dan hasilnya akan muncul pada layar monitor dalam bentuk kuantitas.

Mineral merupakan senyawa anorganik yang terbentuk di alam yang memiliki sifat fisika dan kimia tertentu serta susunan kristalnya teratur atau gabungannya membentuk batuan, baik dalam bentuk lepas maupun pedu (kompak).

Pelayanan uji mineral dengan teknologi XRF ini hanya membutuhkan waktu 1 (satu) hari dan jumlah parameter uji sampai 48 elemen, yaitu : MgO, Al2O3, SiO2, P2O5, S, Cl, Na2O, K2O, CaO, TiO2, V, Cr, MnO, Fe2O3, Co, Ni, Cu, Zn, Ga, As, Se, Rb, Sr, Y, Zr, Nb, Mo, Rh, Pd, Ag, Cd, In, Sn, Sb, Te, Ba, La, Ce, Hf, Ta, W, Pt, Au, Hg,Tl, Pb, Bi, Th dan U.

Inovasi ini dapat memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan cepat, tepat dan akurat, yang mampu mengoptimalkan kualitas dan kuantitas kinerja pegawai serta meningkatkan akuntabiltas organisasi UPT Pengujian ESDM dalam pelayanan publik, sehingga tercipta tata kelola pemerintah yang efektif dan efesien.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

UPT Pengujian ESDM, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur memberi pelayanan jasa pengujian mineral logam, non logam, dan batuan menggunakan teknologi XRF kepada masyarakat dengan tujuan untuk :

1.     Memberi pelayanan uji mineral yang cepat, tepat dan akurat (dalam waktu1 hari).

2.     Meningkatkan jumlah parameter uji sampai 48 elemen.

3.     Meningkatkan kinerja pegawai dan akuntabilitas organisasi dengan memberi pelayanan publik yang optimal.

 

 

 

SIGNIFIKANSI (ARTI PENTING)

Inovasi UMISARI dengan menerapan teknologi XRF secara langsung maupun tidak langsung akan menimbulkan dampak positif  terhadap seluruh kelompok masyarakat, khususnya elemen masyarakat yang menggunakan jasa layanan uji kualitas mineral, dikarenakan pelayanan publik menjadi sangat cepat dan mudah.

Inovasi ini merupakan salah satu jawaban langsung untuk mewujudkan efektif dan efisien dalam menjalankan tata kelola pemerintahan, administrasi umum, dan pelayanan publik, dimana manajemen UPT Pengujian Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai Laboratorium Penguji telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan secara konsisten telah menerapkan sistem mutu SNI ISO/IEC 17025 dan                   ISO – 9001, mulai dari pemeriksaan sampel/produk secara visual, pengambilan dan/ atau penerimaan sampel, preparasi sampel, analisa kandungan sampel sampai diterbitkan laporan/sertifikat hasil pengujian dari sampel mineral.

Inovasi ini juga dapat diterapkan pada uji kualitas komoditas bahan tambang yang akan diekspor sesuai Permendag Nomor 1 Tahun 2017 tentang Ketentuan Ekspor Produk Pertambangan Hasil Pengolahan dan Pemurnian.

Inovasi ini memberikan paradigma perubahan signifikan terhadap kecepatan dan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat. Berikut Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum dan sesudah inovasi :


                                     

 

Inovasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja pelayanan publik kepada masyarakat yang cepat, mudah, tepat dan akurat, sehingga akan tercipta tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien.

Di masa mendatang inovasi ini akan terus dikembangkan, sehingga menumbuhkan kepercayaan/trus masyarakat terhadap kualitas pelayanan Pemerintah Jawa Timur. 

 

KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK

Implementasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di UPT Pengujian ESDM, sebagai berikut :

1.   Standar Pelayanan : SK Kepala Dinas ESDM No. 188/105/KPTS/124.7/2018 tahun 2018 tentang Pedoman SOP Pelayanan Pengujian                              Kualitas Mineral pada UPT Pengujian ESDM.

2.   Maklumat Pelayanan : Kami siap melayani uji mineral secara Profesional sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah di tetapkan.

3.   Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) : Indeks Kepuasan Masyarakat pada UPT Pengujian ESDM menunjukkan kategori Sangat Baik dengan                      nilai rata-rata tertimbang 3,62 atau konversi IKM 90.50 %.

4.    Penanganan Pengaduan :

-  Tertuang dalam ISO/IEC 17025 : 2017 dokumen Prosedur Mutu Pelayanan Kepada Pelanggan (No.Dokumen : PSM-07).

-  Tahun 2018 sampai saat ini, UPT Pengujian ESDM belum pernah menerima pengaduan masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa kualitas                           kinerja pelayanan uji mineral diterima dan dipercaya masyarakat.

5.   Sistem Informasi Pelayanan Publik

Sistem informasi pelayanan publik UPT Pengujian ESDM dapat dilihat pada http://esdm.jatimprov.go.id//

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module