Menu

Pengembangan Laboratorium

Jumlah Penduduk Jawa Timur tahun 2014 lebih dari 34 Juta jiwa ( Data BPS Jatim), Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur juga meningkat bahkan lebih dari pertumbuhan ekonomi nasional rata-rata. Akibat dari hal tersebut kawasan industri dan permukiman semakin meningka! sementara jumlah potensi air tanah semakin menurun dari tahun ke tahun, karena daerah imbuhan semakin menyempit terdesak oleh perluasan kawasan industri, permukiman dan aktifitas fisik lainnya.
Menyoal pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk, maka Kualitas air jadi sangat pentin& karena air adalah kebutuhan dasar kehidupan; selain sebagai saran kebutuhan sehari-hari airjuga sangat penting bagi lingkungan pertanian, bisnis, aplikasi industri dan kimia, proses sanitasi, fasilitas rekreasi dan pengolahan makanan.
Pengolahan limbah air yang tidak benar baik pada masyarakat maupun industri akan menimbulkan pencemaran dan sudah pasti akan mempengaruhi kualitas air itu sendiri.
Dari hasil uji kualitas air tanah di lawa Timur yang dilakukan oleh UPT Laboratorium Uji Kualitas air dan mineral Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur terhadap sampel air yang masu( maka di wilayah CAT Pasuruan dapat digolongkan pada 2(dua) kluster yaitu Zona Rawan ( 2 parameter tidak memenuhi syarat air bersih) dan Zona Kritis ( 3 parameter atau lebih tidak memeuhi syarat air bersih) (SUSILO)

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module