Menu

Kerja Jujur, Profesional, Melayani, Inovatif Dan Berarti Merupakan Bentuk Kesalehan Sosial

Kerja Jujur, Profesional, Melayani,…

UMUM   Kerja Jujur, Pro...

KESDM Luncurkan Buku Panduan Percepatan Pengembangan Sampah Menjadi Energi

KESDM Luncurkan Buku Panduan Percep…

Kementerian Energi Dan ...

Sampah Menjadi Energi, Potensi 2.066 GW Termanfaatkan 17,6 MW

Sampah Menjadi Energi, Potensi 2.06…

Seiring dengan peningka...

Kembali, Kementerian ESDM Cetak Generasi Pelopor Energi

Kembali, Kementerian ESDM Cetak Gen…

  Kementerian Energi d...

Akselerasi Penyelesaian Masalah Listrik, ESDM Selenggarakan FGD

Akselerasi Penyelesaian Masalah Lis…

  KENDARI – Guna menga...

Prev Next

energi

energi
ENERGI BARU DAN TERBARUKAN

 

Dana Ketahanan Energi, Tidak Pungut Uang Rakyat


Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said usai konferensi pers Program Indonesia Terang, Minggu (28/8) kembali menegaskan, rencana Pemerintah untuk mengumpulkan Dana Ketahanan Energi (DKE) tidak lagi memungut dana dari masyarakat. DKE akan dikumpulkan dari sumber-sumber lain yang tidak melanggar pa=eraturan perundang-undangan.

Periapan untuk DKE saat ini Peraturan Pemerintah dan kelembagaannya sedang disusun. Komunikasi dengan Komisi VII DPR RI terus intensif dilakukan. “Kita terus berkomunikasi dengan Komisi VII dan mulai APBN-P ini mulai diisi dan saya sering mengucapkan, ga peduli berapa trilunpun, yang penting masuk dulu,,” ujar Sudirman.


Ditambahkannya, setelah itu mulailah system bekerja, uangnya mulai digunakan dan dari waktu ke waktu uangnya mulai diisi dan orangnya mulai direkrut.

Konsep DKE sudah matang dan diterima banyak pihak. Dan menurut Sudirman untuk memulai kegiatan ini dana sebanyak 2 hingga 3 trilun sudah cukup.

Mengenai mekanisme pungutan, Sudirman menjelaskan, bahwa pemerintah tidak lagi berpikir untuk memungut dari masyarakat. “Iuran atau menghimpun dana itu datang dari APBN, datang dari Badan Usaha baik hulu maupun hilir, baik minyak maupun batubara,” jelas Sudirman.
 
Dana Ketahanan Energi merupakan inisiatif Pemerintah untuk mengumpulkan dana yang bersumber dari APBN, premi pengurasan energi fosil (minyak, gas dan batubara), dari penggunaan bahan bakar fosil, dana dari badan usaha bidang energi tidak terbarukan serta dari dana hibah. dana tersebut akan dipergunakan untuk berbagai kegiatan produktif antara lain, melistriki daerah tertinggal berbasis ebt, pembangunan infrastruktur energi, insentif pengusahaan ebt dan peningkatan sdm & dan ristek, termasuk pilot project. (DS/IND)

Last modified onMonday, 29 February 2016 08:32
More in this category: « Arus Penyediaan BBM MINERAL »
back to top

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module