Menu

Migas Goes To Campus Hadir di Malang

Migas Goes To Campus Hadir di Malang

Malang, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan acara Migas Goes To Campus mengusung tema "Kebijakan Minyak dan Gas Bumi dalam Mendukung Ketahanan Energi" di Dome Theatre Kampus III, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (15/9).

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi KESDM, Susyanto, Direktur Pembinaan Program Migas KESDM, Budiyantono dan Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang, Nazaruddin Malik.

Dalam kesempatan tersebut Susyanto menyampaikan paparan terkait kebijakan minyak dan gas bumi, update kebijakan migas, baik kebijakan yang akan ditetapkan, sedang dijalankan serta kebijakan dan program migas ke depan.

baebe1fb885d09d181c7abcb34327eac.jpg

Susyanto menyampaikan, Pemerintah memiliki perhatian dan komitmen untuk terus memperkuat kemandirian minyak dan gas bumi dengan optimalisasi seluruh potensi sumber minyak dan gas bumi di Indonesia, khususnya gas bumi yang masih memiliki potensi cadangan yang cukup besar.

Gas bumi sebagai salah satu sumber energi terbesar di dalam negeri, akan terus didorong pemanfaatannya melalui pembangunan infrastruktur gas bumi. Pembangunan infrastruktur akan menjadi faktor kunci yang memungkinkan sumber energi tersebut dapat dioptimalkan bagi kepentingan rakyat. "Kemandirian energi akan menjadi salah satu unsur penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, dan itu menjadi perhatian Kementerian ESDM," lanjut Susyanto.

Oleh karena itu, perguruan tinggi, dalam hal ini UMM, diharapkan dapat menjadi bagian dari agent of chance, mitra bagi Ditjen Migas dalam menyebarluaskan kebijakan Minyak dan Gas Bumi serta untuk bisa saling bertukar pengetahuan agar bisa saling mendukung dan melengkapi dalam memperluas keilmuan.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, H. Fauzan, berterima kasih atas acara yang digagas oleh Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM. Dengan adanya acara itu di tengah-tengah mahasiwa, mahasiswa menjadi aware atas arah dan kebijakan proses pembangunan infrastruktur minyak dan gas ke depan.

1ca8880970bb9d83a4b1bb752d9c2f40.jpg

"Dengan adanya acara ini, saya berharap agar seluruh mahasiswa yang saat ini hadir bisa memperoleh pandangan soal apa itu pengelolaan minyak dan gas bumi di Indonesia dan bisa menjadi bagian kedepannya bersama sama membantu pemerintah dalam meberikan masukan dan berperan aktif dalam pengelolaan migas. Minyak dan gas bumi harus dikelola dengan baik bukan hanya untuk saat ini tapi untuk kedepan bagi generasi yang akan datang," katanya.

Migas Goes to Campus merupakan agenda rutin Ditjen Migas KESDM sejak tahun 2015 dan sebelumnya telah diselenggarakan di beberapa kampus di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Ngurah Rai, Universitas Udayana, Politeknik Negeri Batam, Universitas Mataram, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Trisakti, dan Universitas Indonesia.

Acara yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan Pemerintah dengan stakeholder migas terkait, dalam hal ini civitas akademisi, peranan civitas akademisi merupakan kunci penting menentukan kebijakan baik dan adil dalam pengelolaan migas baik itu untuk pelaku usaha migas dan terutama untuk pemenuhan energi bagi rakyat Indonesia. (NOK)

 

(admin : LR)

back to top

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module