Menu

BIMTEK TATA CARA PERHITUNGAN DAN AUDIT PNBP

Ditjen Minerba menyelenggarakan acara bimbingan teknis (Bimtek) tentang Tata Cara Perhitungan dan Audit PNBP sumberdaya alam minerba di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 22 s.d 23 Maret 2017 yang dihadiri oleh 100 peserta dari perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP), Kontrak Karya (KK), Distamben Provinsi daerah penghasil mineral serta instansi terkait. 
 
Direktur Penerimaan Minerba dan Batubara, Johnson Pakpahan dalam sambutan pembukaannya acara bimbingan teknis ini bertujuan untuk menginformasikan kebijakan peraturan terkait PNBP yang berlaku serta implementasinya sehingga perhitungan kewajiban PNBP dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Johnson juga menghimbau agar semua pemegang KK dan IUP melunasi seluruh hutang PNBP ke pemerintah sebelum jatuh tempo pada tanggal 31 Maret 2017. 
 
Pemerintah selanjutnya akan melakukan penghitungan ulang (self assestment) untuk mengevaluasi apakah jumlah PNBP yang telah dibayarkan oleh perusahaan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penyelenggara bimtek ini juga menghadirkan pembicara dari tim BPKP dengan judul paran "Pemeriksaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Wajib Bayar" dan dari tim teknis Direktorat Pembinaan Pengusahaan mineral dengan paparan "Harga Patokan Mineral" serta pembicara dari Direktorat Penerimaan Minerba yang mengulas "Simulasi Pemeriksaan PNBP Wajib Bayar Sektor Pertambangan".
back to top

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module