Menu

Menteri Jonan Launching Media Digital ESDM

vJakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar dan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, Rabu (22/3), meluncurkan tampilan baru website Kementerian ESDM, Sosialisasi Media Sosial serta Email Resmi Kementerian ESDM. Pengembangan 3 media digital ini dimaksudkan sebagai wadah komunikasi atas kerja yang dilakukan Kementerian ESDM kepada masyarakat.

Tampilan website www.esdm.go.id yang baru ini memiliki performasi lebih cepat 3,2 detik dari tampilan website sebelumnya. Tampilan yang ada pada website ini juga memudahkan pengguna untuk mencari informasi (user friendly) serta mudah diakses di perangkat mobile seperti handphone/smartphone dan tablet (mobile friendly). Website ini juga telah melalui uji keamanan dan uji penetrasi untuk menjamin keandalan sistem dan ketersediaan data.

Fitur baru website www.esdm.go.id, antara lain adanya gambar utama yang dinamis pada halaman beranda, adanya fitur berita utama, dan materi kreatif infografis dan videografis. Kesemuanya tersaji dengan tata letak yang menggugah dan selalu diperbaharui. Sajian data warehouse yang memuat realisasi kinerja tahun sebelumnya (2016) juga ditempatkan secara berdampingan dengan angka-angka penting sektor ESDM tahun berjalan(2017).

Menteri ESDM dalam sambutannya mengatakan, pengembangan website, media sosial dan email resmi Kementerian ESDM merupakan pelengkap dari media cetak, elektronik dan TV, sebagai wahana baru komunikasi Kementerian ESDM sebagai lembaga dengan masyarakat. "Ini kan yang sekarang generasi muda banyak yang jadi netizen, kita akan coba menggunakan website ini (untuk sosialisasi kerja Kementerian ESDM)," kata Jonan.

Modernisasi cara berkomunikasi dengan masyarakat ini, bertujuan agar masyarakat lebih tertarik dengan pemberitaan terkait Kementerian ESDM. "Komunikasi sangat perlu. Apa yang kita kerjakan dan apa yang tidak kita kerjakan itu harus dikomunikasikan dengan baik. Salah satunya adalah melalui media sosial yang cakupannya luar biasa,” ungkap Jonan.

Lebih lanjut Menteri Jonan mengharapkan agar kanal digital Kementerian ESDM lebih dikenal masyarakat luas dan terintegrasi khususnya terkait data. "Saya kira target media sosial Kementerian ESDM di Januari 2018 menjadi paling tidak 1 juta followers ya. Target kedua, di 2019 akun media sosial harus lebih terkenal dan bisa lebih mengajak masyarakat. Faktanya, satu kanal media sosial yang followers-nya 2 juta, lebih berpengaruh dari semua kanal media cetak. Kanal komunikasi Kementerian ESDM juga harus jadi satu, termasuk data-data per subsektor," pungkas Jonan.

Secara berkelakar, Jonan mengharapkan agar pada tahun 2019, website Kementerian ESDM harus lebih populer dari Menteri ESDM. "Yang Saya inginkan, pada masa kabinet 2019, Kementerian ESDM lebih terkenal dari saya. Itu yang saya harapkan. Karena kalau tidak didorong pasti tidak (jalan),” katanya.

Media digital lainnya yang dikembangkan ESDM adalah email resmi @esdm.go.id bagi sekitar 6.000 pegawai yang telah selesai disiapkan. Email resmi ini menjadi sarana komunikasi resmi terkait dengan arahan dan urusan pekerjaan di Kementerian ESDM.

Usai menyampaikan sambutan, Menteri Jonan bersama Wakil Menteri, Arcandra Tahar, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Kerja Sama serta Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, secara simbolis menekan tombol sebagai tanda media digital Kementerian ESDM resmi diluncurkan. Di akhir acara, Menteri Jonan menyempatkan menyapa netizen dengan Live Streaming di Instagram Kementerian ESDM (@kesdm). (DK)

back to top

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module