Menu

Masyarakat Keerom Mendapatkan Aliran Listrik

EBTKE-- Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBKE) Rida Mulyana meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas 145 kilowatt peak (kwp) dan 65 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Jumat, 10 Maret 2017.

Dalam kesempatan ini, turut hadir pula Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Maritje Hutapea, Bupati Keerom Celsius Watae, dan Kepala Dinas ESDM Povinsi Papua Bangun Manurung serta Direktur Operasional 2 Bidang Energi & Pertahanan PT. LEN Adi Sufiadi Yusuf.

"Untuk kabupaten Keerom sendiri, tahun anggaran 2016 telah dibangun 8 unit PLTS dengan total kapasitas 145 kWp serta 65 unit PJU. Kedelapan unit PLTS ini telah diserahterimakan oleh Ditjen EBTKE kepada Pemerintah Kabupaten Keerom di Makassar tanggal 24 Februari 2017,"kata Rida dalam sambutannya.

Kabupaten Keerom merupakan kawasan yang berada di ujung timur Indonesia Provinsi Papua, yang berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea (PNG), kebijakan pemerintah daerah yang utama adalah meletakan dasar-dasar kebijakan pembangunan yang mendukug terciptanya kesejahteraan masyarakat yang hakiki, tak terkecuali pembangunan dibidang ketenagalistrikan. Kabupaten Keerom terdiri dari 11 distrik dan 91 kampung dengan jumlah penduduk 58.439 jiwa.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Keerom Celcius Watae mengatakan pihaknya beserta masyarakat di wilayah ini menyambut baik serta memberikan apresiasi dan respon positif atas peresmian PLTS dan pemberian lampu PJU.

Setelah peresmian, Dirjen EBTKE beserta jajaran meninjau langsung PLTS di desa Ampas Kabupaten Keerom, dan melakukan dialog dengan operator PLTS, Ferry. " Iuran yang telah disepakati oleh warga yaitu Rp. 20.000/rumah untuk operasional dan perawatan PLTS yang telah aktif dari bulan November 2016. Lampu sekarang menyala 24 jam, pada saat Natal kemarin terang, warga senang” pungkasnya. (Ledy Anindya)

 

back to top

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

wmt Joomla Module